Mode CMYK & RGB, apaan sih itu?


Buat kalian yang sering main desain atau nge-print di tempat printing besar pasti pernah dengar istilah CMYK & RGB. Sebenarnya apa ya itu, dan perlu ngga sih kita pakai mode warna itu?

Ini mimin cuma mau sharing aja sih, beberapa teman ada yang bingung hasil printnya beda banget dengan yang di layar monitor, di monitor udah cakep banget, mulus, mengkilap dll, eh pas di print hasilnya engga memuaskan cuy, kenapa ya?

Jadi sebenarnya dalam dunia grafis atau cetak mencetak, ada 2 mode warna yang dipakai yakni CMYK & RGB, keduanya punya peran masing-masing. Untuk RGB biasanya dipakai untuk desain yang peruntukkannya buat tampil di monitor atau layar Hp aja, sedangkan CMYK digunakan untuk keperluan cetak offset atau print contohnya brosur, buku, kartu undangan, dll.

Perbedaan warna CMYK & RGB

CMYK

CMYK adalah sebuah singkatan dari Cyan Magenta Yello Key (Black), sebuah kombinasi warna yang dihasilkan untuk memberi keseimbangan diatas media yang berlatar belakang putih seperti pada bahan kertas. CMYK disebut juga warna substractive. Biasanya CMYK disimpan dengan file ekstensi .JPG, .tiff, .pdf.

RGB

RGB bisa disebut juga warna additive, mode warna ini merupakan percampuran warna primer cahaya, yakni Red, Green, Blue. Nah itu sebabnya desain atau gambar kita bisa terlihat bagus di layar monitor atau device gadget kita, karena pada dasarnya warna dilayar kita itu berwarna hitam, dan RGB adalah warna dari pencampuran warna cahaya yang bisa menyeimbangkan tampilan warna di layar monitor kita.

Kapan mode CMYK & RGB digunakan?

Kalau menurut mimin, baiknya sebelum mendesain kita perlu tahu untuk keperluan apa desain itu dibuat? Untuk dicetak atau untuk ditampilkan di layar monitor saja (seperti desain website, apps, Iklan TV dll). Bila kita sudah tau untuk diaplikasikan kemana desain yang akan kita buat, maka barulah dimulai pekerjaan mendesainnya.

Apakah mode warna RGB bisa dikonversikan ke CMYK?

Untuk desain yang sudah terlanjur dibuat kedalam mode RGB dan ingin dicetak?baiknya sebelum dilakukan proses cetak mode warna dirubah dulu ke CMYK dengan bantuan aplikasi desain seperti Photoshop, Adobe Illustrator atau software desain lainnya. Berikut ini cara merubah / mengkonversi RGB ke CMYK

1. Adobe Photoshop
Image > Mode > CMYK / RGB



2. Adobe Illsutrator
File > Document Color Mode > CMYK / RGB Color

*Note: sebelum dicetak banyak baiknya print test dulu untuk melihat hasilnya, beberapa adjustment/perbaikan warna dari hasil konversi kadang perlu dilakukan, jika hasil tes print sudah sesuai dengan yang diharapkan, baru teman-teman bisa cetak banyak sesuai kebutuhan

Sekian artikel dari mimin, semoga bermanfaat, dan jika temen-temen suka dengan artikel ini, monggo di share ke akun social media kalian.

Sampai jumpa lagi, Cheerrsss..!!
Mode CMYK & RGB, apaan sih itu? Mode CMYK & RGB, apaan sih itu? Reviewed by SakitMata on Februari 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.