Negative Space Dalam Desain


Dalam desain sering kita dengar istilah negative space, sebenarnya apa sih negative space itu, apakah penting kita gunakan dalam pekerjaan desain kita? 

Negative space atau bisa disebut juga 'ruang kosong' disekitar elemen utama dari desain yang kita buat, kalian pasti pernah lihat sebuah desain layout dari buku, majalah ataupun poster yang terlihat begitu kosong di sekelilingnya, nah, itulah yang disebut dengan negative space. 

Buat sebagian orang yang belum paham soal istilah desain yang satu ini pasti akan berpikiran " wah, itu masih ada space kosong, mubazir!! kasih aja foto atau apa kek, gitu?udah cetaknya mahal, sayang kalau masih ada space kosong begitu". Hal itu tentu bisa bikin kita sebagai desainer harus bisa memberi pengertian sama klien model seperti itu. Lantas kalau boleh disingkat penjelasan soal negative space itu apa ya? 

Seperti yang sudah mimin jelaskan pada kalimat paragraf diatas, negative space adalah area kosong yang berada di sekitar elemen desain utama, fungsinya adalah sebagai area istirahat untuk mata kita dalam menangkap informasi dari sebuah desain yang kita buat. Mata kita perlu diberi waktu rehat sejenak untuk mencerna pesan dari desain tersebut. Negative space juga bisa memberi kesan minimalis atau terlihat elegan. 

Beberapa contoh desain yang menggunakan negative space, diantaranya:
http://www.graphic-exchange.com/archives/02print_03.htm
Sumber : Graphic Exchange

Dari contoh desain layout diatas, bisa kita lihat sang desainer tidak menggunakan seluruh ruang artwork dalam desain layoutnya, desain sengaja dibuat agak ‘kosong’ di sekelilingnya, agar pembaca tidak lelah membaca isi teks yang cukup banyak.


Sumber : “Foggy Day” captured by PictureSocial member Miran Kocjancic-

Dalam dunia fotografi negative space juga sering dimanfaatkan untuk merekam objek agar bisa ‘stunning’, menempatkan objek lebih kecil dari area disekitarnya memberikan kesan yang dramatis.
negative space dalam desain logo
Dalam dunia logo desain, negative space sering dimanfaatkan untuk menampilkan sebuah pesan yang ingin disampaikan, namun masih bisa ‘nge-blend’ dengan desainnya itu sendiri. Jika kamu perhatikan diantara huruf E dan x, ada simbol “panah” yang memberi kesan “dinamis” “pergerakan” sesuai dengan layanan yang diberikan yakni jasa ekspedisi.

contoh negative space dalam desain poster
Sumber : https://nladesignvisual.wordpress.com


Desain poster diatas juga memanfaatkan negative space, dimana ada simbol botol wine dan garpu sesuai dengan tema yang diangkat yakni festival tentang makanan dan wine. 

Jadi kira-kira seperti itulah deskripsi negative space yang mimin bisa rangkum, semoga bisa bermanfaat.



Negative Space Dalam Desain Negative Space Dalam Desain Reviewed by SakitMata on Maret 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.